PENGERTIAN “ANAK” DALAM ALKITAB (BIBLE)

: PENGERTIAN “ANAK” DALAM ALKITAB (BIBLE)
:
:Dalam Bible yang menyebutkan bahwa “Yesus Anak Allah adalah:
:1. MATIUS: 2:15, 3:17, 4:3&6,14:33, 26:63,16:17
:2. JOHANES: 1:34&40, 3:16, 15:23, 16:27&30, 17:1, 19:7
:3. LUKAS : 1:32&35, 3:22, 4:3&9, 4:34&41
:4. RUM : 1:9, 5:10, 8:3, 29:32
:5. GALATIA : 1:16, 4:4&6
:6. IBRANI: 1:2,5&8, 3:6, 4:14, 5:5&8
:7. KORINTUS 1:9
:
:Masih ada beberapa ayat dalam Bible yg menyebutkan bahwa Yesus anak Allah, akan tetapi bukan “Anak” dalam arti sebenarnya, Karena Yesus sendiri mengaku dalam Bible bahwa ia adalah UTUSAN ALLAH.
:
:JOHANES 5:30
:“Maka aku tidak boleh berbuat suatu apa dari mauku sendiri, seperti aku dengar begitu aku hukumkan, dan hukumku ituj adil adanya, karena tidak aku coba turut mauku sendiri, melainkan maunya Bapa yg sudah MENGUTUS aku”.
:
:JOHANES 12:45
:“Dan barang siapa yg melihat aku, dia melihat sama Dia yg MENGUTUS aku“.
:
:JOHANNES 17:21
:„Supaya semua jadi satu, ia Bapa, seperti Bapa dalam saya, dan saya dalam Bapa dan supaya dia orang jadi satu dalam kita, biar dunia percaya Bapa sudah MENGUTUS aku.“
:
:YAHYA 17:8
:„ Karena segala firman yg telah Engkau firmankan kepadaku, itulah Aku sampaikan kepada mereka itu, dan mereka itu sudah menerima dia, dan mengetahui dengan sesungguhnya bahwa aku datang dari adaMu, dan lagi mereka percaya bahwa Engkau yg MENYURUH aku“.
:
:YAHYA 5:30
:„Suatupun tidak aku dapat berbuat sekehendakku sendiri, malainkan aku menjalankan hukum sebagaimana yga aku dengar, dan hukumku itu adil adanya, karena bukannya aku mencari kehendak diriku, melainkan kehendak Dia yg MENYURUH aku“.
:
:MATIUS 15:24
:„Maka jawab Yesus katanya,“Tiadalah aku DISURUHKAN yg lain hanya kepada segala domba yg sesat diantara bani Israil“.
:
:Beberapa ayat Bible menyebut Yesus anak Allah:
:
:JOHANES 1:34
:“Maka aku sudah melihat itu, serta bersaksi yg dia inilah anak Allah”.
:
:MATIUS 3:17
:“Maka suara dari langit mengatakan:”inilah anakKu yg Ku kasihi kepadanyapun Aku berkenan”.
:
:LUKAS 1:32
:“Maka ia akan menjadi besar, dan ia akan dikatakan Anak Allah yg Maha Tinggi, maka Allah Tuhan kita, akan mengaruniakan kepadanya takhta Daud, nenek moyangnya itu”.
:
:IBRANI 4:14
:“ Sedangkan ada kepada kita seorang imam Mahabesar yg sudah melintas segala langit, yaitu Yesus Anak Allah, maka hendaklah kita memegang pengakuan itu”.
:
:Sebagaimana kita sering mendengar kata : Anak Sekolah, Anak Kos, Anak Murid, Anak Buah.
:
:Anak Negeri BUKANLAH berarti sekolah, kos, murid, buah atau negeri yg punya anak.
:
:Dalam bahasa Ibrani kata “Bapa” diperuntukkan buat Tuhan, Sedangkan kata “Anak” diperuntukkan buat orang yg dihormati seperti Nabi
:
:MATIUS 16:27
:“Karena anak manusia datang dgn kemuliaan Bapanya beserta dgn segala malaikatNya; pada masa itu ia akan membala kepada tiap orang menurut pebuatannya”.
:
:MATIUS 5:9
:[/i]“Berbahagialah segala orang yg mendamaikan orang karena mereka itu akan disebut anak2 Allah“.
:
:Kalau Yesus dianggap anak Allah, maka semua orang yg mendamaikan manusia pun menjadi anak2 Allah juga. Jadi bukan Yesus saja anak Allah, tetapi ada terlalu banyak.
:
:KELUARAN 4:22
:[i]“Maka pada masa itu hendaklah katamu kepada Fir’aun demikian:”Inilah Firman Tuhan: Bahwa bani Israil itulah anakKu laki2, yaitu anakKu yg sulung”.
:
:YEREMIA 31:9
:“Akulah Bapak bagi Israil; dan Afraim itulah anak yg sulung”.
:
:MATIUS 5:45
:“Supaya kamu menjadi anak2 Bapamu yg di surga…”.
:
:MATIUS 26:2
:“Anak manusia akan diserahkan supaya disalib”.
:
:MATIUS 7:21
:“Bukannya tiap2 orang yg menyeru aku Tuhan,Tuhan, akan masuk ke dalam kerajan sorga, hanyalah orang2 yg melakukan kehendak Bapaku yg disorga”.
:
:YAHYA 3:13
:“Seorangpun tidak naik ke surga, kecuali ia yga sudah turun dari surga, yaitu anak manusia”.
:
:
:PENGERTIAN “ANAK” DAN “BAP” DALAM BIBLE
:
:Dalam Kitab Perjanjian Baru dan Perjanjian Lama maka akan kita dapatkan bahwa kata “anak Allah” dan “Bapa” adalah kata-kata kiasan dan bukan kata yang sebenarnya, seperti sabda Yesus yang terdapat dalam kitab Perjanjian Baru sebagaimana orang yang benar menurut Kitab Perjanjian Baru disebut anak Allah dan berbapa kepada Allah, demikian pula orang-orang jahat disebut anak-anak iblis dan berbapa kepada iblis.
:
:Di dalam Yohanes 8: 40-44 tertulis :
:( 40 ) “Tetapi yang kamu kerjakan ialah berusaha membunuh Aku; Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian (yang akan kamu kerjakan-pen) tidak dikerjakan oleh Abraham.
:( 41 ) Kamu mengerjakan pekerjaan bapamu sendiri”. Jawab mereka: “Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah”.
:( 42 ) Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.
:( 43 ) Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku ? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku.
:( 44 ) Iblis-lah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.
:
:Yohanes 8: 40-44 tersebut di atas menyebutkan bahwa orang Yahudi yang berbicara kepada Yesus ialah berbapa iblis, yaitu anak-anak iblis, karena mereka tidak suka mendengarkan perkataan Yesus yang menyampaikan kebenaran dari Allah bahkan ingin membunuhnya. Maka orang-orang yang disebut anak-anak iblis itu adalah orang-orang jahat lagi pendusta. Oleh sebab itu Allah Yang Maha Benar adalah sumber dari segala kebenaran, sedangkan iblis sebagai sumber segala kedustaan dan kejahatan disebut sebagai bapa segala dusta.
:
:Untuk mengetahui arti anak Allah di dalam ayat-ayat yang tersebut di atas maka dapat diketahui dari keterangan yang berikut ini :
:
:Di dalam Markus 15:39 tertulis :
:( 39 ) Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia: “Sungguh, orang ini adalah Anak Allah”.
:
:Di dalam ayat tersebut kepala pasukan menyebut Yesus sebagai anak Allah.
:
:Sedang di dalam Lukas 23:47 ucapan kepala pasukan itu kepada Yesus menyebutnya sebagai berikut :
:( 47 ) Ketika kepala pasukan melihat apa yang terjadi, ia memuliakan Allah , katanya : “Sungguh, orang ini adalah orang benar”.
:
:Dalam Kitab Markus disebutkan bahwa ucapan kepala laskar kepada Yesus ialah: “Orang ini anak Allah”. Sedangkan Kitab Lukas menyebut Yesus dengan : “Orang ini benar”. Kedua-dua kitab itu menceritakan satu kejadian sama. Apabila keterangan kedua-dua kitab itu tidak hendak dikatakan bertentangan satu dengan yang lain, maka haruslah ditafsirkan bahwa “anak Allah” sama maksudnya dengan “orang benar”. Maka Yesus disebut anak Allah, artinya Yesus orang benar.
:
:Arti anak Allah seperti yang diterangkan di atas, dibenarkan oleh keterangan-keterangan yang berikut ini.
:
:Kitab Matius 5:9 tertulis :
:( 9 ) “Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah”.
:
:Menurut keterangan Kitab Matius ini, semua orang yang mendamaikan orang disebut “anak-anak Allah”. Orang yang mendamaikan itu adalah “orang benar”.
:
:Menurut Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru tidak hanya Yesus yang disebutnya sebagai anak Allah, tetapi banyak juga yang selain Yesus juga disebut anak Allah. Misalnya :
:1. Israel anak TUHAN yang sulung ( Keluaran 4:22 ).
:2. Daud anak TUHAN yang sulung ( Mazmur 89:28 ).
:3. Salomo anak TUHAN dan TUHAN menjadi Bapanya ( 1 Tawarikh 22:10 ).
:4. Semua orang yang mendamaikan disebut anak-anak Allah ( Matius 5:9 ).
:5. Murid-murid Yesus semua berbapa kepada Allah ( Matius 23:9 ).
:6. Orang yang mengasihi musuhnya dan berbuat baik kepadanya disebut anak-anak Allah Yang Maha Tinggi ( Lukas 6:35 ).
:7. Semua orang yang dipimpin Roh Allah adalah anak-anak Allah ( Roma 8:14 ).
:8. Orang yang mengerjakan sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan tidak berbantah-bantahan menjadi anak-anak Allah ( Filipi 2:14-15 ).
:9. Semua orang yang beriman kepada Yesus Kristus adalah anak2 Allah (Galatia 3:26).
:
:Dari keterangan tersebut di atas diketahui bahwa menurut Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, tidak hanya Yesus yang disebut anak Allah tetapi orang-orang yang telah dikemukakan di atas disebut juga sebagai anak-anak Allah. Di samping itu, selain Adam, mereka adalah “anak manusia” juga.

http://islamicquraishcenter.wordpress.com/2012/02/07/konyolnya-islam-fatwa-menyusui-lelaki-dewasa/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s